-->
Powered by Blogger.

Tuesday, February 28, 2017

Beberapa Tips Sebelum Tidur Pake Bahasa Melayu Sambas - Lucu




mariotanalepy7.com - Beberapa Tips sebelum tidur ini sempat viral di Facebook, khusus nya di kalangan anak muda daerah sambas dan sekitar nya. Bagaimana tidak, beberapa tips tersebut terbilang sangat lucu. Karna disisipkan berbagai macam kata-kata dalam bahasa Melayu Sambas yang jadul2. Terus terang, saya sendiri tidak banyak tau dengan kata-kata  tersebut. Hehe..
Buat saya tips-tips sebelum tidur karya "Riecko Ananda" (Nama Facebook)  kebetulan teman saya ini sangat kreatif,unik dan lucu..

Mari kita simak Tips-Tips Sebelum Tidur ala Melayu Sambas di bawah ini:

1. PANGKENG
Periksa kelengkapan dan kondisi pangkeng anda sebelum tidur, mulai dari baut, rangka dan alas papannya. Kenapa ? Karena jika kondisi PANGKENG anda mulai SOYO' takutnya jika anda tidur terlalu LISSE maka anda akan BELABBIK dan lebih parah lagi anda bisa TEBALLOS.


2. SEDUNNI
Kondisi SEDUNI yang baik adalah dalam kondisi tidak RATTAS, kabu-kabunya masih utuh dan masih ANYOT-ANYOT serta dalam keadaan bersih. Terlebih lagi tidak ada IMPIJAT dan IMPAWA' didalamnya. Hal yang perlu anda perhatikan jika anda sering BUBO' tengah malam harusnya SEDUNI anda harus dilapisi dengan Plastik, biar tidak LACCAH dan bau RANGNGANG.


3. GABBAR
Usahakan GABBAR yang anda SELEBONGKAN untuk tidur adalah GABBAR yang bersih dari AMA', biar tidur anda NYANNYA' dan tidak BEKISAI bergaruk kegatalan. Ini akan membuat tidur anda tidak nyaman. Usahakan GABBAR anda DITAPPAS rutin minimal 3 bulan sekali.


4. BANTAL
Memilih bantal yang enak adalah bantal yang lembut, usahakan bantal anda juga bebas dari IMPIJAT, biar TIGE' tidak KAK KERANNYET saat anda tidur. Bantal juga yang lembut biar dibuat dari LALANG atau PERACCA' BUROK tapi cukup lembut dikepala.


5. BELUNGKOR
Belungkor juga perlu anda perhatikan, karena belungkor bisa digunakan sebagai alas Sedunni tapi lebih baik gunakan lapik biasa, belungkor yang baik ialah dalam kondisi masih layak pakai, jika belungkor anda sudah SENYURAIYAN PUDAKNYA maka gantilah dengan yang baru.


6. LAPIK SEDUNI
Selain SEDUNI yang buat tidur jadi nyaman, LAPIKnya juga sangat berpengaruh buat kenyaman, pilihlah LAPIK yang tidak NGERASSANG, biar belakang anda tidak berbekas saat anda GURING. Pilih LAPIK yang lembut, misalkan lapik menggunakan GABBAR yang besar atau LAPIK BELUNGKOR yang bersih juga sangat baik.
(Baca Juga: "Wisata Hutan Mangrove Di Setapuk Singkawang Utara")
7. SARONG BANTAL
SARONG BANTAL juga perlu dalam kondisi yang baik, dan usahakan Sarong Bantal Yang menggunakan REK, biar bisa membukanya. Sarong bantal juga harus rajin ditappas, biar tidak bau TANGNGI bekas diGURINGI.

8. POSISI GURING
Posisi guring dalam tidur juga mempengaruhi kenyamanan. Jangan tidur dalam posisi nungging atau posisi NINGKAP Karena akan mengganggu pernafasan anda. Jangan biasakan GURING TEDAPPA' Karna akan RUWE tempat. GURING lah dalam keadaan TELANTANG GANE.


9. BACE DOA
Sebelum tidur jangan Lupa untuk berdoa.


10. PAJAMKAN MATE
Kalau anda mau tidur pejamkanlah mata anda. Jangan PAJJAM AYAM atau tidur dalam keadaan TECALLE' karna kalau anda TECALLE' jika ketahuan nanti dikira anda KESARONGNGAN.


11. PAKAIAN
Tidur harusnya menggunakan pakaian tidur. Jangan pakai pakaian Habis NUREH yang belum di TAPPAS. Nanti anda bisa MERANSAU NGAMPAP JINTON.


12. MIMPI NOMOR
Jika anda penyuka tebak nomor, niatkan lah anda mimpi nomor hoki, misalkan anda mimpi makan TEMPUYAK CAMPOR TEMPUSSO' maka bisa dihitung dengan perharga atau gabungan dari harga keduanya. Besok jangan lupa Di Pasang, SAPE TAU KANNA' KAN. hahahaha.

13. Selamat TIDO'.
USSAH BUBO'. USSAH MERANSAU.

14. USSAH MUNTO'
Setelah semuanya anda perhatikan satu persatu, untuk masalah lampu atau penerangan itu tergantung anda mau tidur lampu dalam keadaan padam atau menyala, kemudian PENYAWAN dan LAWANG juga harus dalam keadaan BESONDOK, biar hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

Sumber : retteband.blogspot.com
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner