-->
Powered by Blogger.

Saturday, January 21, 2017

Taman PASNING Singkawang


mariotanalepy7.com - Kota Singkawang atau San Keuw Jong adalah salah satu kota di Kalimantan Barat. Jarak dari Kota Pontianak 145Km,dan dapat di tempuh dengan kendaran darat lebih kurang 3jam. Kota Singkawang lebih banyak di kenal dengan Wisata Kulinernya, banyak sekali aneka makanan yang dapat di temui di kota ini. Mulai dari yang Halal untuk di makan umat muslim sampai yang haram juga bisa kita jumpai di seputaran kota.

Akan tetapi di kota ini banyak juga tempat wisatanya yang berupa taman-taman, seperti yang kita ketahui ada Taman Bukit Bougenvile yang ada di sebelah selatan Singkawang, tepatnya di Kelurahan Sijangkung dan berjarak ± 6 km dari pusat kota Singkawang, Taman Cidayu yang berdampingan dengan Bukit Bougenvile dan Taman Teratai Indah yang tidak jauh dari pusat kota.  Nah...ada salah satu Obyek Wisata Kalimantan Barat yang baru-baru ini sempat viral di Singkawang loh. Mungkin sebagian dari kita, khususnya masyarakat kota Singkawang, sudah ada yang tau atau mungkin sudah pernah ke "Taman PASNING". Tapi ada juga sebagian dari kita yang tidak tau. Dan jika belum tau, sudah pasti tidak pernah ke sana. ^_^
Nah...Yang belum pernah ke Taman Pasning ini pasti penasaran, Diamanakah lokasi nya? Ada apa saja disana? Kenapa di sebut Taman Pasning?

Sebelumnya, saya akan kasi tau dulu nih kenapa taman ini di beri nama "Taman Pasning".
Nama Pasning itu sendiri berasal dari singkatan PASukan kuNING. Kenapa Pasukan kuning? Karena Taman Pasning ini adalah murni hasil karya dari Pasukan kuning kota Singkawang yang di bantu staf kantornya.
Terus, dimana lokasi Taman Pasning ini? Taman Pasning ini berada di pekarangan kantor dinas UPT Kebersihan kota Singkawang..
Tau dong dimana kantor UPT Kebersihan Singkawang? Yakk,,,Benar sekali. Kantor UPT Kebersihan kota Singkawang berada persis di belakang Stadion Kebanggaan Kota Singkawang, Stadion Kridasana.

Melalui tangan-tangan kreatif dari Pasukan Kuning singkawang lah yang menyulap perkaranagn kantor mereka menjadi cantik dan keren seperti ini. Taman Pasning ini tidak terlalu besar, akan tetapi sangat indah bila dilihat. Dalam taman ini juga berdiri patung Hang Tuah yang merupakan warisan event Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) Provinsi Kalbar XI di Stadion Kridasana Singkawang.

Foto: Patung Hang Tua
Tidak ada biaya masuk atau pun biaya parkir di taman ini. Dan tidak ada larangan jika pengunjung ingin membawa makanan berupa snack dan minuman  dari luar. Tetapi pengunjung wajib harus menjaga kebersihan lingkungan Taman. Buanglah sampah bekas makanan dan minuman di tempat-tempat sampah yang sudah disediakan, agar taman ini akan tetap bersih dan terjaga keindahan nya. Kalo bukan kita siapa lagi yang mau menjaga kebersihan nya.



Bukan hanya itu saja, disekitar Patung Hang Tuah juga terdapat sebuah ornamen meriam. Selain dihiasi dengan bunga, Taman Pasning ini juga dihiasi dengan patung-patung binatang seperti  Panda, Ayam ,Singa, zebra. Adanya pajangan di taman ini agar enak dipandang mata dan menarik warga khususnya anak-anak, jadi taman ini bisa dijadikan tempat bermain dan santai anak-anak juga..


Tidak hanya di Singkawang saja. Di Kalimantan Barat masih banyak sekali tempat wisata lain nya yang mungkin belum pernah kamu kunjungi.  Di Jejaring Wisata Kalimantan Barat dan Jewita Kalbar kamu bisa dapetin info seputar Wisata yang ada di Kalimantan Barat yang lain nya. Semoga bermanfaat.. ^_^

Referensi: http://www.pontianakpost.co.id/bikin-taman-pasning
               https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Singkawang


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kalbar 2017 Jejaring Wisata Kalimantan Barat
www.Jewita.com

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner