-->
Powered by Blogger.

Friday, January 20, 2017

Wisata RIAM MANAJUR Sanggau Ledo


Baru-baru ini saya melihat postingan teman IG (Instagram)yg memposting fotonya di Riam yg baru saya dengar, Cukup bagus, cukup menarik. Nama Riam nya Unik "RIAM MANAJUR" . Dari informasi yang kami dapatkan, Riam ini terletak di Desa Laek, Kec.Tujuh Belas, Paket D, Sanggau Ledo Kab.Bengkayang.

Sabtu,14 Januari 2017 Pukul 16.00wib, saya bersama teman-teman langsung menuju Sanggau Ledo menggunakan sepeda motor. Kira-kira 3jam perjalanan kami menuju Sanggau Ledo. Karna tiba di sanggau Ledo sudah malam, kami memutuskan untuk menginap di salah satu rumah teman yg ikut bersama saya tepatnya di PaketB. Sehingga memudahkan kami untuk istirahat malam itu..

Minggu, 15 Januari 2017 Pagi-pagi sekali sekitar pukul 09.00wib, saya dan teman2 bergegas langsung menuju Riam Manajur itu. Karena saya dan teman2 tidak ada yang tau dimana letak Riam Manajur secara spesifik, setiba di Desa laek (Paket D), kami pun bertanya kepada Ibu-ibu yang sedang mengupas jangung. Beliau mengatakan "Tidak jauh lagi kok dek, Ikuti aja jalan setapak itu, nanti kalian akan naik bukit sedikit, dan di bawah bukit itu lah Riam nya". Saya dan teman-teman hanya bisa bengong ^_^
Tiba-tiba ada seorang pemuda keluar dari rumah ibu itu, dan menawarkan dirinya untuk membawa kami ke RIAM MANAJUR itu. Nama pemuda itu "PAR", begitu dia memperkenalkan dirinya kepada kami. Wah...betapa senang nya dapat Guide dadakan.. hehehe..

Dari rumah ibu itu kami harus menempuh waktu kurang lebih 20-30menit menggunakan sepeda motor melewati Hutan, perkebunan jagung, sahang dll. Dengan kondisi jalan setapak yang cukup licin dan lecet...
Foto: Kondisi jalan setapak menuju Riam manajur
Setelah melewati jalan licin dan lecet selama kurang lebih 20menit, kami harus melanjutkan perjalan ini dengan berjalan kaki. Sepeda Motor kami simpan di tengah hutan. Barang berharga seperti HP dan Dompet kami bawa dalam tas. "Par" berpesan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam jok motor.
Kami pun berjalan kaki, naik bukit turun bukit, naik lagi, dan turun lagi. kalo tidak salah ada 2x menanjak dan 2x menurun. Jalan kaki naik bukit dan turun bukit itu memakan waktu kurang lebih 20menit juga.
Dari jauh kami sudah mulai mendengar suara air yang jatuh, cukup nyaring. Rasa capek yang luar biasa pun sontak hilang ketika kami sampai di Riam Manajur itu.

Foto: Selfie bersama teman dengan latar belakang RIAM MANAJUR


Foto: Anak-anak setempat berenang di sekitaran riam

"RIAM MANAJUR"
 Adalah Salah satu riam yg masih jarang di kunjungi oleh masayarakat luar, dikarenakan akses untuk menuju ke sana masih sangat sulit dan cukup jauh. Untuk ketinggian Riam dan kedalaman Riam ini, saya belum dapat informasi yang akurat. Di Riam manajur ini kamu bisa sekedar foto-foto, memancing, dan berenang. Tetapi jika ingin berenang tetap harus waspada dan berhati-hati, karna arus air yg jatuh dari atas sangat kencang, sehingga disarankan untuk tidak berenang mendekati jatuhnya air dr atas..

(Baca Juga: "Wisata Hutan Mangrove di Singkawang Utara")
Menurut informasi yang kami dapatkan dari Par, Sebelum nya ada beberapa mahasiswa dari UNTAN sudah pernah ke Riam ini. Katanya ada remaja2 dari Sambas, Pontianak dan Singkawang yg sudah ke sini juga. Par sangat ramah dan baik pada kami. Dia juga mengatakan kepada kami "kalo rezeki, kalian pasti akan melihat burung enggang gading di sekitar sini". Tetapi hari itu kami tidak melihat seekor burung Enggang Gading di sekitar Riam. Berarti kami belum rezeki untuk melihat nya. hehehe...
Foto: Bersama sosok Par sang pahlawan kami 👀
Foto: Bersama semua teman-teman (foto ini di ambil oleh Par)


Mari kita jaga dan lestarikan Obyek Wisata Kalimantan Barat ini mulai dari sekarang. Kita yang muda ini yang harus lebih bersemangat menjaga kebersihan lingkungan wisata disekitar kita. Agar di masa depan anak cucu kita bisa menikmati keindahan obyek wisata ini kembali. Dengan cara tidak membuang sampah di sekitar Riam, sudah menjadi salah satu cara menjaga dan melestarikannya.
Banyak sekali tempat wisata di Kalimantan Barat yang mungkin belum kamu kunjungi. Kamu bisa dapatin informasi seputar Obyek Wisata Kalimantan Barat yang lain nya di Jejaring Wisata Kalimantan Barat dan Jewita Kalbar


Terima kasih saya ucapkan kepada  Tuhan Yang Maha Esa, atas ciptaan Nya yang sungguh luar biasa ini.
Tidak lupa saya ucapkan kepada 11orang teman saya yg sangat semangat & antusias sekali untuk menuju ke Riam Manajur ini. (Dewinta, Eci, Eva, Hadi, Novella, Onny, Prayogi, Rommy, Syamsul, Syaiful, Vino)
Dan saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih  kepada sosok pemuda setempat bernama Par, yang menjadi penerang  dalam perjalanan kami. 😂😂

Berikut video pendek perjalan kami ke Riam Manajur


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kalbar 2017 Jejaring Wisata Kalimantan Barat
Jewita.com
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
 

Delivered by FeedBurner