-->
Powered by Blogger.

Tuesday, February 14, 2017

Wisata Hutan Mangrove Singkawang


Foto: Penampakan Hutan Mangrove dari atas tower
Singkawang - Wisata Hutan Bakau atau lebih sering kita kenal Mangrove ini terletak di Kec.Singkawang Utara, Desa Setapuk Besar Hilir. Beberapa pekan belakangan, hutan mangrove ini menjadi viral dan menjadi ajang anak-anak dan muda-mudi bersantai menghabiskan waktu di sore hari.

Jarak dari kota singkawang menuju setapuk besar kurang lebih 9km meter. Dari jalan besar untuk menuju wisata mangrove kira-kira menempuh 400meter lagi. Jalannya masih kecil, dan sementara hanya motor yang bisa masuk. Untuk pengunjung yang datang menggunakan mobil, bisa menyimpan mobilnya di depan, dan harus berjalan kaki atau menggunakan ojek untuk masuk kedalam. (Video perjalanan menuju Hutan Mangrove bisa dilihat di bawah tulisan ini)

Tidak perlu jauh-jauh ke Mempawah atau ke Paloh untuk menikmati suasana Hutan Mangrove, karna di Singkawang atau lebih tepat nya di Singkawang utara, Hutan Mangrove ini sudah cukup indah untuk dilihat.

Foto: Mangrove yang masih kecil terlihat dari atas
Jika akhir pekan atau hari libur, tempat ini selalu ramai di datangi pengunjung. Kebanyakan yang datang dari warga setempat, dan ada pula yang datang dari luar. Tidak ada tiket ataupun biaya parkir di tempat ini. Semuanya Free alias Gratis tis tis tis tisss. Namun setiap pengunjung juga harus memarkirkan kendaraannya dengan rapi, sehingga pengunjung lain yang membawa kendaraan bermotor bisa dengan gampang keluar masuk, mengingat jalan menuju tempat ini sangat sempit.

Mangrove ini baru saja di tanami oleh masyarakat desa setapuk bulan desember lalu, ini program dari pemerintah yang menggandeng masyarakat setempat untuk membangun desa wisata mangrove. Tampak sekali di tepian laut, mangrove ini masih kecil-kecil.


Fungsi menanam mangrove sejak dini untuk mencegah abrasi atau pengikisan tanah oleh air laut. Seperti yang kita ketahui di sebelah barat Singkawang, berbataskan langsung dengan laut. Jika tidak menanam mangrove mulai dari sekarang, lama kelamaan daratan akan semakin habis dan semakin sempit, sehingga dimasa depan anak cucu kita nanti tidak bisa menikmati keindahan alam yang indah ini.
(Baca Juga: "Wisata RIAM Manajur Sanggau Ledo")
Bukan hanya Mangrove saja yang dapat kita temui di tempat ini, ada jembatan gantung terbuat dari kayu, dengan cat warna warni, yang menjadi alat bantu untuk menyebrang ke hutan mangrove. Ada pula semacam mercusuar atau tower yang berdiri kokoh setinggi kurang lebih 20meter di pinggiaran laut. Kalo sobat sudah naik ke atas sana, rugi deh kalo sobat gak foto-foto dari atas. Eittss..ketika sobat ingin menaiki tower tersebut tetap harus hati-hati ya, karna tower ini ada batasan orang untuk dinaiki juga. Kalo sobat termasuk salah satu yang phobia ketinggian, disarankan jangan naik. ^_^
Jujur saja, saya sudah 3x ke hutan mangrove ini dan 3x naik ke tower itu loh. hehehe..

Foto: Jembatan kayu Warna-warni
Foto: Tower atau semacam mercusuar
Nah...Kalo sobat sudah sampai di Wisata Hutan Mangrove ini, sobat juga mesti nyobain naik motor air ke tengah laut. Cukup membayar Rp.3000 saja loh, murah kan..?
Kurang lebih 20menit sobat akan di ajak keliling menggunakan motor air itu. Disarankan sobat datang ke sini jangan sendri ya, ajak teman-teman sobat untuk merasakan sensasinya terombang ambing melawan ombak. Tapi tenang, pengendali motor airnya sudah mahir kok. Sobat bisa request mau ngebut atau pelan-pelan saja (kayak lagu kotak band) ^_^

Foto: Menggunakan fasilitas yg ada di hutan mangrove
Yang harus sobat ingat dan harus sobat lakukan ditempat ini yaitu, sobat wajib menjaga kebersihan. "Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak tanaman yang ada di kawasan Hutan Mangrove" Gampang kan, cuma itu saja syarat nya..

Harapan kita semua, semoga Wisata Hutan Mangrove di Setapuk singkawang Utara ini dapat menjadi Obyek Wisata Kalimantan Barat yang terus di jaga kelestarian dan di jaga kebersihannya. Dan semoga tempat ini menjadi salah satu bagian dari  Jejaring Wisata Kalimantan Barat  dan Jewita Kalbar, sehingga dapat menjadi tempat yang menarik untuk di kunjungi masyarakat lokal ataupun dari luar.

Video perjalanan menuju Hutan Mangrove Singkawang Utara

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya...
Silahkan sobat share ^_^

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kalbar 2017 Jejaring Wisata Kalimantan Barat"
www.jewita.com


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner